Powered by Blogger.

Blog Archive

Sunday, May 08, 2016

Tag: , , , , , ,

Cara Memperbaiki Kabel Fleksibel Touchpad pada Laptop Tanpa Membeli kabel baru

Pada kali ini saya akan sharing tentang bagaimana cara mengatasi kabel fleksibel touchpad pada laptop yang rusak..
Kasus ini biasanya tidak terjadi pada kabel fleksibel touchpad saja, namun biasanya juga terjadi pada kabel fleksibel Power(untuk beberapa tipe laptop), LCD, dan keyboard.. Akan tetapi kali ini saya hanya akan menjelaskan solusi mengatasi kabel fleksibel untuk kabel touchpad pada Laptop saya.
Berawal dari keisengan saya untuk membongkar laptop karena ingin saya bersihkan, lalu karena saya ingin pembersihan total maka saya harus mencopot semua bagian termasuk motherboard laptop saya. Namun secara tidak sengaja saat saya hendak melepas kabel fleksibel yang menghubungkan touchpad ke motherboard laptop saya itu terjadi kerusakan atau semacam cacat pada bagian kuningan yang ada diujung kabel fleksibel tersebut karena saya menariknya secara tiba-tiba, karena memang saat itu kabel sangat rapet. Sempat panik karena saya mencari di google tidak ketemu maka timbul-lah inisiatif sendiri untuk menguliti kabel fleksibel tersebut dan mengeroknya agar kuningan pada kabel fleksibel tersebut dapat muncul dan dapat digunakan lagi.
Jadi, disini saya akan berbagi sedikit tips and trik mengakali kabel fleksibel yang rusak tanpa membeli yang baru.
  1. lepas pengait yang ada pada ujung kabel (biasanya berwarna biru)
  2. jika memang sekiranya kabel fleksibel masih cukup panjang, maka potonglah kabel tersebut kurang lebih 1cm atau anda bisa jadikan patokan kuningan yang rusak tersebut untuk anda potong

  3. mulailah dengan menggunakan alat yang tajam seperti cutter atau gunting(gunakan bagian ujungnya saja)
  4. keroklah ujung kabel sepanjang yang dibutuhkan secara perlahan dikit demi sedikit sehingga cover kabel mulai terkelupas dan terlihat bagian kuningan dari kabel tersebut
  5. pastikan ujung kabel yang anda kerok sama panjangnya dan benar benar bersih (tidak tersisa cover kabel)
  6. setelah kuningan pada kabel sudah rapi, pasanglah pengait kabel tersebut sehingga dapat digunakan lagi
  7. nyalakan laptop anda dan coba lah touchpad anda apakah berhasil ?
  8. jika tidak, maka terjadi kemungkinan bahwa kabel tersebut belum rapi (belum seutuhnya terkelupas)
    contoh kabel yang sudah terkelupas rapi
  • maka solusinya adalah coba anda kelupas secara perlahan bagian bagian kabel yang belum terkelupas.
  • tambahan: bagian kabel tidak boleh ada yang terlalu terlipat karena akan menyebabkan aliran pada kabel tidak jalan alias rusak.
  • jika lipatan kabel terjadi pada ujung kabel, kita masih ada kesempatan untuk memotong bagian lipatan kabel tersebut dan mulai mengelupas bagian kabel tersebut, namun jika lipatan kabel terjadi pada bagian tengah kabel, maka susah kesempatan untuk mengatasinya karena kemungkinan kabel tidak akan cukup panjang untuk terhubung antara motherboard dengan konektor touchpad. Jadi sebisa mungkin kita mengerjakan hal ini secara hati-hati.
Demikianlah pengalaman yang saya bisa berikan kepada anda semua tentang bagaimana cara mengatasi kabel fleksibel yang rusak. Jika kita perhatikan, ada beberapa kabel yang jenisnya sama hanya besar kecil ukuran kabel yang beda. Dan jika anda mengalami masalah yang sama mungkin terjadi kerusakan pada kabel power atau keyboard, maka lakukan hal yang sama dengan hal diatas.

Semoga bermanfaat and keep sharing the good thing

About Unknown

Hi, My Name is Yosafat. Im a Student Engineering and im here to share some of good things so hope you all enjoy this blog.keep sharing the good things.

42 comments:

  1. Replies
    1. pake apa aja asal tajam mas, kaya pisau atau gunting atau cutter.

      Delete
    2. Maaf gan kalau kabel fleksibel keyboardnya bisa ga yaa di kerok juga??

      Delete
  2. Kalo beli adanya dimana yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tau mas kalo belinya, sepertinya di tempat reparasi laptop biasanya ada mas.

      Delete
  3. pertamax,,hehe dicoba gan maklum newbie

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum. Alhamdulillah...Terimakasih banyak. Touchpad ana berfungsi kmbali.

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum. Alhamdulillah...Terimakasih banyak. Touchpad ana berfungsi kmbali.

    ReplyDelete
  6. terima kasih atas infonya Mas.aku udah praktein dan..touchpad laptop aku dah berfungsi kembali tanpa membawanya ke tukang servis...thank's..

    ReplyDelete
  7. siipp..sangat membantu...
    apakah bisa di coba pada kable hp...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. maap mas saya belum pernah coba praktekin di kabel hp. :)

      Delete
  8. Ane juga mengalami kasus yg agak mirip cuma bgian biru pada kabelnya itu yg ileng (copot) gan jdi ane ga punya semacam handle untuk memasang kabelnya gan. Tu gmn ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo masalah itu saya pernah coba akali pake kertas mika gan.
      dipotong secukupnya lalu ditempelkan dan berhasil.
      mungkin bisa dicoba juga gan.

      Delete
    2. Lantas di tempelinny pake lem apa gan?

      Delete
    3. kertas mika nya dikelopek sehingga bisa langsung terlem sendiri

      Delete
  9. Ga ada videonya gan biar lebih jelasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maap gan belom ada.. hehe
      mungkin kedepanya bakal dikasih video tutorial..
      thanks saran nya gan :)

      Delete
  10. TRIMAKASIH ATAS SHARING PENGALAMANNYA......SAYA SUDAH LAKUKAKN DAN BERHASIL,SEKALI LAGI TRIMAKASIH....HEHEHEHE

    ReplyDelete
  11. Gan, potongan kuningamnya itu sampe brp kali? Atau ikutin jumlah kuningan yg lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikutin jumlah garis yang ada itu gan, soalnya tiap kabel beda jumlah kuningannya.. hehe

      Delete
  12. kbel power dan kbel touchpad apa sama besar kuningannya gan,apa bisa diganti dengan kabel flexible printer

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya setiap kabel mempunyai ukuran yang berbeda gan, jadi menurut saya lebih baik menggunakan kabel yang sesuai dengan yang dibutuhkan gan :))))

      Delete
  13. Numpang tanya kalau yang lepas seperti penjelasan di atas Cover pengait berwarna biru shingga bila dipasang sulit tanpa cover sempat dicoba malah muncul Kode ERROR mungkinkarena kuningannya tidak connect ? terimakasih

    ReplyDelete
  14. makasih banyak triknya toucpad saya bisa jalan lagi :D

    ReplyDelete
  15. Kalo masang pengaitnya pake lem apa Mas?, atau pake alat lain gitu?

    ReplyDelete
  16. beli alatnya disini aja ya bos ku,...
    solder uap

    ReplyDelete
  17. Gan plastik yg biru yah taro di kuningyah apa di atas?

    ReplyDelete
  18. Gan, pengait kable flexible touchpad saya nggak ada, cara ngatasinnya gimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai lem tembak aja Bro... ntar kalau nyabutnya tinggal dipasanin aja pakai solder.

      Delete
  19. Oke ini min, makasih sudah kasih saran dan ilmunya
    https://cody.id/produk/blower-infrared/



    CODY***GARANSI SELAMANYA***
    == HARGA DIJAMIN LEBIH MURAH ==
    === jASA SERVICE YG PASTI LEBIH CEPAT ===

    ReplyDelete
  20. Makasih Ya Mas... sudah saya coba dan it works. Nga perlu beli kabel fleksibel yang harganya 50rb keatas. Sekali lagi makasih Mas.

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah gan touchpad nya udah bisa lagi
    Hampir Frustrasi saya gan dan untung nya ga beli flexibel touchpad
    Makasih loh gan tips dan trik nya

    ReplyDelete
  22. Mantap mas, terima kasih tips nya. Saya coba work 👌

    ReplyDelete
  23. Terima kasih gan,,, work caranya...
    tapi harus hati2 dalam "mengerok" plastik fleksibelnya..

    jgn lupa kunjungi http://nehanesia.com/

    ReplyDelete
  24. Gan kalo sufah beli baru..cara pasangnya gmn ya? Apa harus asang software?

    ReplyDelete
  25. "Thank you for nice information
    Please visit our website unimuda and uhamka"

    ReplyDelete