Powered by Blogger.

Blog Archive

Saturday, May 07, 2016

Tag: , , , , , ,

Cara Mudah Mereset Password Bios di PC dan Laptop


Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana mereset password BIOS yang ada di laptop maupun di PC.
Komputer saat ini adalah suatu perangkat yang sudah menjadi barang penting bagi kita semua. Tidak dipungkiri lagi pemakai komputer saat ini bisa dari kalangan dibawah umur sampai orang yang sudah lanjut usia.
Komputer sudah layaknya menjadi pendamping kita saat dalam bisnis atau hanya sekedar hiburan. Wajar bila kalangan yang "gaptek" hingga yang melek teknologi selalu menggunakan komputer untuk kebutuhan sehari-harinya dan dengan itu kebanyakan dari mereka berusaha untuk melindungi komputer mereka dengan memberi password pada sistem BIOS agar komputer tersebut aman dari orang-orang yang berniat jahat.
Namun apa yang terjadi jika kita lupa password yang kita ciptakan sendiri pada sistem BIOS kita dan kita tidak paham bagaimana mereset password sistem BIOS tersebut ?
set bios password

Disini saya akan membahas bagaimana cara mereset password sistem BIOS pada komputer/PC dan Laptop.
Pada dasarnya password yang kita ciptakan pada sistem BIOS tersimpan pada memori CMOS, penyimpanan data-data BIOS tersebut dipertahankan oleh baterai saat laptop atau komputer dimatikan. Baterai tersebut terletak pada motherboard. Jika anda melepas baterai ini dari motherboard maka semua informasi yang disimpan di CMOS (termasuk password BIOS) akan hilang atau kembali ke default settiing awal (pabrik).

Melepas Batery MotherBoard
Langkah ini adalah cara yang menurut saya paling mudah namun kita tetap perlu berhati-hati saat proses pencopotan baterai CMOS. Berikut ini langkah-langkahnya:
gambar baterai CMOS yang berbentuk bulat
  1. Cabut Kabel Listrik dari Power Supply 
  2. Kemudian Buka Cassing Komputer PC anda
  3. Lihat di Motherboard PC anda ada baterai biasanya berbetuk bulat, kalau sudah ketemu lalu lepaskan baterai tersebut dari motherboard PC Anda
  4. Tunggu kurang lebih 5 menit kemudian pasang kembali baterai tersebut ke tempat semula.
  5. Pasang kembali cassing komputer anda
  6. Lalu colokkan listrik ke power suplly dan komputer siap dinyalakan kembali
JUMPER CMOS / Jumper BIOS
  • Pastikan anda telah mencabut Kabel Listrik dari Power Supply, kemudian Lepas Cassing Komputer/PC Anda
  • Cari jumper yang bertuliskan CLR CMOS atau bisa juga hanya CCMOS.  Jumper CMOS ini terdiri dari dua jenis, yaitu jumper dengan 3 pin dan jumper dengan 2 pin. 
  • Untuk yang tipe jumper 3 pin,  pada awalnya jumper berada di pin 1,2 sedangkan pin 3 tidak diisi. Jika Anda ingin mereset BIOS/CMOS maka Anda harus memindahkan posisi jumper tersebut dan pasang jumper tersebut ke pin 2,3 pin 1 tidak diisi.   Setelah itu diamkan komputer kurang lebih 5 menit (untuk lebih memastikan CMOS clear). Setelah itu cabut lagi jumpernya kemudian pasang keposisi semula ke pin 1,2 dan pin 3 tidak diisi.  Untuk Tipe Jumper 2 pin, maka anda harus mempunyai jumper sendiri untuk menjumper ke-2 pin tersebut.
  • Tunggu kurang lebih 5 menit
  • Untuk Tipe jumper 3 PIN, pindahkan posisi jumper ke posisi semula.  Untuk Jumper 2 PIN. lepas jumper dari pin tersebut.
  • Pasang kembali cassing dan colokan listrik ke power supply 
  • Maka komputer siap untuk dinyalakan 


gambar jumper berwarna biru
Kalau anda sudah melakukan langkah-langkah di atas dengan benar, maka anda telah Me-Reset Password BIOS Komputer.
Untuk langkah ini Anda tidak perlu mencabut baterai motherboard namun dengan memindahkan posisi jumper CMOS, biasanya jumper CMOS ini berada di sekitar baterai.  Berikut lagkah-langkah me-reset password bios dengan memindahkan jumper CMOS: 
Kalau anda sudah melakukan langkah-langkah di atas dengan benar, maka anda telah Me-Reset Password BIOS Komputer, dan Komputer sudah siap digunakan lagi tanpa kita harus memasukkan password..

Lalu Bagaimana jika kasus ini terjadi pada Laptop ?
Pada dasarnya Komputer/PC dan Laptop sama. Sama-sama menyimpan data password tersebut dalam baterai CMOS.
Lalu bagaimana caranya ?

  1. Pastikan Laptop dalam keadaan mati
  2. Cabut semua kabel yang terhubung pada Laptop
  3. buka Casing Laptop, lalu lihat posisi motherboard yang terpasang pada laptop. (jika motherboard menghadap bawah, maka kita harus membongkar sekrup yang terdapat pada motherboard lalu membaliknya dan mencopot baterai CMOS tersebut dan anda harus mencopot juga jumper yang terdapat pada area sekitar baterai CMOS tersebut dan biarkan selama kurang lebih 5 menit
  4. Setelah itu pasang kembali jumper dan baterai CMOS yang tadi dicopot 
  5. Lalu pasang kembali Cassing Laptopnya dan nyalakan Laptop
Dan Laptop siap digunakan tanpa penggunaan Password BIOS..


Yosafat Kresna
6701142082
PIS 14-05

http://siskaks.staff.telkomuniversity.ac.id/2016/05/02/teknologi-web-assessment-3


Semoga bermanfaat and keep sharing the good thing





About Unknown

Hi, My Name is Yosafat. Im a Student Engineering and im here to share some of good things so hope you all enjoy this blog.keep sharing the good things.

2 comments:

  1. terimakasih ilmunya suhu, sangat bermanfaat.
    solder hp

    ReplyDelete
  2. This is how my acquaintance Wesley Virgin's story launches with this SHOCKING AND CONTROVERSIAL VIDEO.

    As a matter of fact, Wesley was in the army-and soon after leaving-he found hidden, "SELF MIND CONTROL" tactics that the government and others used to get anything they want.

    As it turns out, these are the EXACT same methods many celebrities (especially those who "come out of nowhere") and top business people used to become rich and successful.

    You probably know how you use only 10% of your brain.

    That's mostly because the majority of your brainpower is UNCONSCIOUS.

    Perhaps this expression has even taken place INSIDE your very own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head 7 years back, while driving an unlicensed, trash bucket of a car with a suspended driver's license and $3 in his bank account.

    "I'm so frustrated with living paycheck to paycheck! When will I finally make it?"

    You've taken part in those questions, ain't it so?

    Your very own success story is waiting to start. Go and take a leap of faith in YOURSELF.

    Take Action Now!

    ReplyDelete